Minggu, 30 April 2017

RPP TEMATIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK
Nama Sekolah             : SDN BKN 
Kelas / Semester          : I / II
Tema                            : Lingkungan
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 Pertemuan)
 












 

A.    STANDAR KOMPETENSI
IPA
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
PKN
4. Menerapkan kewajiban anak dirumah dan disekolah
B. INDONESIA
5. Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.

B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan dan magnet)
PKN
4.1 Mengikuti tata tertib dirumah dan di sekolah
B. INDONESIA
5.1 Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
C.    INDIKATOR
IPA
4.2.1 Mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan baterai
            4.2.2 Mendiskusikan benda per/pegas yang bergerak
4.2.3Mendiskusikan benda bergerak karena dorongan
tangan
4.2.4 Mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan magnet
4.2.5 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak dengan menggunakan baterai
4.2.6 Mengidentifikasi benda per/pegas yang bergerak
4.2.7Mengidentifikasi benda bergerak karena dorongan
tangan
4.2.8 Mengidentifikasi benda yang bergerak dengan menggunakan magnet

PKN
4.1.1 menyebutkan tata tertib dirumah
4.1.2 menyebutkan tata tertib di sekolah
4.1.3 Mengikuti tata tertib dirumah
4.1.4 Mengikuti tata tertib di sekolah
B. INDONESIA
5.1.1 Menyebutkan benda benda di sekitar
5.1.2 Mendekripsikan benda benda di sekitar
5.1.3 Menyimpulkan deskripsi benda benda di sekitar

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
IPA
4.2.1.1  Melalui pengamatan, siswa dapat mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan baterai
4.2.2.2 Melalui pengamatan, siswa dapat mendiskusikan benda per/pegas yang bergerak
4.2.3.3 Melalui pengamatan, siswa dapat mendiskusikan benda bergerak karena dorongan tangan
4.2.4.4 Melalui pengamatan, siswa dapat mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan magnet
4.2.5.5 Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi penyebab benda bergerak dengan menggunakan baterai
4.2.6.6 Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi benda per/pegas yang bergerak
4.2.7.7 Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi benda bergerak karena dorongan tangan
4.2.8.8 Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi benda yang bergerak dengan menggunakan magnet
PKN
4.1.1 Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan tata tertib dirumah
4.1.2 Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan tata tertib di sekolah
4.1.3 Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengikuti tata tertib dirumah
4.1.4 Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengikuti tata tertib di sekolah
B. INDONESIA
5.1.1.1 Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan benda benda di sekitar
5.1.2.2 Melalui diskusi, siswa dapat mendekripsikan benda benda di sekitar
5.1.3.3 Melalui tanya jawab, siswa dapat menyimpulkan deskripsi benda benda di sekitar
E.     MATERI POKOK
IPA
Gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak
PKN
Hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan di dengar pendapatnya
BAHASA INDONESIA
Deskripsi benda benda di sekitar.
F.     PENDEKATAN / METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Pendekatan langsung
·         Metode       : - Ceramah
-  Tanya Jawab
-  Pemberian Tugas
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN / LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.                   Kegiatan Awal
a.         Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a sesuai dengan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran
b.        Guru mengecek kehadiran siswa
c.         Guru memberi motivasi dan bercerita
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yaitu materi yang akan dipelajari gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak
2.                   Kegiatan Inti
Eksplorasi:
e.         Guru menjelaskan tentang gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak
f.         Guru melibatkan siswa secara aktif untuk mengetahui pembelajaran
Elaborasi :
IPA
g.        Siswa mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan baterai
h.        Siswa mendiskusikan benda per/pegas yang bergerak
i.          Siswa  mendiskusikan benda bergerak karena dorongan tangan
j.          Siswa  mendiskusikan benda yang bergerak dengan menggunakan magnet
k.        siswa  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak dengan menggunakan baterai
l.          siswa  Mengidentifikasi benda per/pegas yang bergerak
m.      siswa  Mengidentifikasi benda bergerak karena dorongan tangan
n.        siswa Mengidentifikasi benda yang bergerak dengan menggunakan magnet
PKN
o.        siswa menyebutkan tata tertib dirumah
p.        siswa menyebutkan tata tertib di sekolah
q.        siswa mengikuti tata tertib dirumah
r.          siswa dapat mengikuti tata tertib di sekolah

BAHASA INDONESIA
s.         Siswa menyebutkan benda benda di sekitar
t.          Siswa mendekripsikan benda benda di sekitar
u.        Siswa menyimpulkan deskripsi benda benda di sekitar
Konfirmasi:
v.        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
w.      Guru meluruskan kesalahan pemahaman siswa
x.        Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
y.        Guru mengakhiri pembelajaran, berdo’a dan keluar ruangan.

H.    MEDIA PEMBELAJARAN ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media pembelajaran : Benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
Sumber belajar            : Buku Ilmu Pengetahuan Alam, Pkn, Bahasa Indonesia.
I.       PENILAIAN
a.    Teknik: Tertulis.
b.    Jenis: Pilihan Ganda.
c.    Instrument: Daftar Pertanyaan.
      Format Kriteria Penilaian
1.      Produk (hasil diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

3.      Lembar Penilaian
No.
Nama siswa
performan
produk
Jumlah skor
nilai
pengetahuan
sikap
1.
2.






CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,                                                               Bangkinang,..............2016
Kepala Sekolah                                                                Guru Kelas


( ____________ )                                                 ( VIRA SEPTIAWATI )
NIP. .....................                                                       NIM. 1686206042

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOG PENDIDIKAN Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates